Verifikasi Lapangan Nominasi Kalurahan Berkinerja Baik Dalam Atasi Stunting

Yu Wa 29 Agustus 2024 09:07:10 WIB

Giritirto - Sebagai Kalurahan yang masuk lima besar regional Barat Nasional pada Penilaian Desa Berkinerja Baik dalam Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting tahun 2024, tim pusat melakukan verifikasi lapangan di Kalurahan Giritirto Kapanewon Purwosari Kabupaten Gunungkidul DI Yogyakarta, Rabu (28/08/2024).

Acara dihadiri oleh Kepala Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta, Danang Setiadi, S.I.P., M.Si. , Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ( DPMK2KB ) Gunungkidul, Drs.Sujarwo,M.Si beserta jajarannya, Panewu Purwosari Baryono Buang Prasetyo, S.Sos., M.I.P. beserta jajarannya, Lurah Giritirto Haryono, SH dan Pamong Kalurahan Giritirto, Tim Pendamping Kalurahan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Bambang Wardoyo, S.Sos. Kader Pembangunan Manusia (KPM), dan tamu undangan tokoh masyarakat.

Adapun tim verifikator pusat dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia yang diketuai oleh Ibu Lilis Yuliana, S.P.,M.Si selaku Analisis Kebijakan Ahli Muda beserta Tim Teknis.

Setelah pembukaan, acara dimulai dengan sambutan Kepala DPMK2KB Drs.Sujarwo,M.Si. Beliau memaparkan strategi penurunan Stunting di Gunungkidul dengan berbagai inovasi. Inovasi tersebut seperti Rafatar (Gerakan Fokus Atasi Anemia Remaja ), Maspaji SMART, Aplikasi SIGAMONIPUS, Babonisasi, Pramudita Subekti (Peran Kader Posyandu dalam Deteksi Dini dan Tanggap Balita Stunting dengan Penimbangan serta Pelaporan Data yang Rutin dan Teliti), Gething padu Reti Setia (Gerakan Cegah Stunting Secara Terpadu Mulai dari Remaja Putri Sehat Tanpa Anemia ) dan pemberian makanan tambahan sumber protein hewani dan nabati diperkaya daun kelor  untuk mendukung percepatan penurunan angka Stunting.

Kemudian dilanjutkan sambutan Ketua Tim Verifikasi Ibu Lilis Yuliana, S.P.,M, dalam sambutannya beliau memberikan ucapan selamat kepada Kalurahan Giritirto yang masuk lima besar Tingkat regional barat pada penilain Desa Berkinerja Baik dalam Konvergensi Stunting. Beliau menegaskan bahwa pada kegiatan verifikasi ini akan diambil satu yang terbaik dari masing-masing regional. Perlu diketahui bahwa pada penilaian ini dibagi atas tiga Regional, yaitu Regional Barat (Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Madura ), Regional Tengah ( Sulawesi dan Nusa Tenggara ) dan regional Timur ( Papua dan Maluku ).

Sambutan terakhir oleh Lurah Giritirto Haryono, SH, beliau mengucapkan selamat dating kepada Tim Verifikasi Pusat di Kalurahan Giritirto. Selanjutnya beliau memberikan gambaran alur penilaian administrasi yang akan dilakukan oleh Tim Verifikasi. Pertama tim akan memverifikasi dokumen administrasi kalurahan di Aula Balai Kalurahan, kedua memverifikasi dokumen administrasi Kalurahan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), ketiga verifikasi ke Pos Yandu Balita di Padukuhan Petoyan dan terakhir verifikasi di Kampung KB Giritirto di Padukuhan Gading.

Setelah rangkaian verifikasi lapangan selesai, Tim Verifikasi Kembali ke Kantor Kalurahan untuk menyampaikan pesan dan kesan selama proses verifikasi dan dilanjutkan penutupan acara.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung