Vaksinasi Polio Di Kalurahan Giritirto

Yu Wa 30 Juli 2024 12:17:45 WIB

GIRITIRTO - UPT Puskesmas Purwosari telah melaksanakan kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Kalurahan Giritirto, Selasa (30/07/2024). Kegiatan ini berlangsung di Aulai Balai Kalurahan dengan sasaran sebanyak 329 balita mulai umur 0 – 7 tahun.

Polio merupakan penyakit yang belum ada obatnya dan dapat menyebabkan kelumpuhan permanen. Polio adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan virus polio. Virus ini menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan mendadak dan kecacatan seumur hidup, bahkan kematian akibat kelemahan pada otot pernafasan.

Polio sangat berbahaya dan dapat menular pada anak yang tidak memiliki kekebalan terhadap penyakit ini. Sekali anak terkena polio, maka anak tersebut tidak akan pernah dapat disembuhkan. Hanya, polio dapat dicegah melalui imunisasi. Vaksinasi polio dilakukan dengan cara tetas oral sebanyak dua tetes. Jenis vaksin yang digunakan yaitu nOPV2 dengan dosis 50 per vial.

Pelaksanaan PIN Polio dilakukan dalam dua putaran, dengan putaran pertama berlangsung dari Tanggal 23- 29 Juli 2024, ditambah lima hari penapisan atau sweeping, putaran kedua dijadwalkan dua minggu setelahnya, yakni dari Tanggal 6-12 Agustus 2024, dengan penapisan berlangsung dari Tanggal 13-17 Agustus 2024.

PIN Polio ini bertujuan untuk memberikan kekebalan kepada setiap anak di Indonesia, khususnya di Kalurahan Giritirto. Harapannya semua anak di Kalurahan Giritirto mulai umur 0-7 tahun dapat terimunisasi polio baik di putaran pertama maupun kedua, sehingga mencapai sasaran 100%.

Tema Tahun ini Dengan Pin Polio Generasi Sehat, Kuat, Bebas Stunting. Berdasarkan hasil pendataan, sasaran PIN Polio di Gunungkidul mencapai 58.898 anak. Dengan pelaksanaan PIN Polio ini, diharapkan anak-anak di Kabupaten Gunungkidul dapat tumbuh sehat, kuat, dan bebas dari stunting serta kelumpuhan akibat dari polio. Sehingga dapat menjadi generasi penerus yang tangguh dan siap menghadapi masa depan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung