Wakili Gunungkidul Lomba Desa/Kalurahan Tingkat DIY, Giritirto Juara Empat

Yu Wa 11 Juni 2024 10:52:05 WIB

Giritirto - Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono mengumumkan pemenang Lomba Desa/Kalurahan dan Kelurahan Tingkat DIY Tahun 2024 pada Senin (10/06). Usai pengumuman pemenang di Ruang Rapat Sekda, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Beny menegaskan, jika para pemenang memiliki tanggung jawab untuk memberikan contoh bagi desa/kalurahan dan kelurahan yang lain.

Dengan tema ‘Wujudkan Masyarakat Sejahtera melalui Belanja Desa/Kalurahan Dan Kelurahan yang Berkualitas’, lomba tahun ini diikuti oleh empat desa/kalurahan dan tiga kelurahan dari kabupaten dan kota di DIY. Beny mengumumkan, untuk kategori kelurahan, juara I diraih Kelurahan Rejowinangun, Kemantren Kotagede, Kota Yogyakarta dengan total nilai 89,83. Juara II diraih Kelurahan Purwokinanti, Kemantren Pakualaman, Kota Yogyakarta dengan nilai 82,89. Juara III diraih Kelurahan Wates, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo dengan total skor 82,73.

“Sedangkan untuk kategori desa/kalurahan, juara I diraih Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul dengan skor 87,96. Juara II adalah Kalurahan Triharjo, Kapanewon Sleman, Kabupaten Sleman dengan skor 86,73. Juara III diraih Kalurahan Jatirejo, Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulon Progo dengan skor 86,15, serta juara IV yakni Kalurahan Giritirto, Kapanewon Purwosari, Kabupaten Gunungkidul dengan nilai 80,79,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Setda DIY, Danang Setiadi mengatakan, l Lomba Desa/Kalurahan dan Kelurahan Tingkat DIY Tahun 2024 merupakan lomba yang berjenjang. Diawali di tingkat kapanewon, kemudian di tingkat kabupaten/kota, dilanjutkan dengan tingkat DIY.

“Selanjutnya pemenang yang diumumkan hari ini akan mewakili DIY untuk berlomba di tingkat regional Jawa-Bali. Tujuan lomba ini sendiri untuk melakukan evaluasi pembangunan yang ada di k desa/kalurahan dan kelurahan. Dan yang dinilai ada tiga aspek, yaitu pemerintahannya, pemberdayaan masyarakatnya, dan kewilayahannya,” ungkapnya.

Danang menambahkan, melalui lomba ini, pihaknya juga bisa mengetahui dengan jelas progress yang dilakukan di setiap desa/kalurahan dan kelurahan sudah sejauh mana. Melalui kegiatan ini, pihaknya juga bisa sekaligus mengevaluasi desa/kalurahan dan kelurahan mana saja yang sudah bagus, mana yang bisa ditingkatkan, dan mana yang perlu dioptimalkan.

Sebelum pengumuman lomba ini dilakukan, telah dilakukan beberapa tahapan penilaian yang terdiri dari tahap penilaian administrasi pada 6-14 Mei 2024, kemudian penilaian klarifikasi lapangan pada 20-30 Mei 202, dan penilaian paparan di tanggal 3-4 Juni 2024. Selanjutnya, 10 Juni 2024 dilakukan sidang pleno juri dengan Sekda DIY, kemudian dilanjut pengumuman hasil lomba. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung