Konco Tani Panen Bawang Merah

Yu Wa 22 Mei 2024 08:14:40 WIB

Giritirto - Kelompok Tani "Konco Tani" telah berhasil menanam bawang merah dan melakukan panen di blok Wonoboyo Padukuhan Ploso. "Konco Tani" merupakan gabungan dua kelompok tani, yakni kelompok di Padukuhan Tompak dan di Padukuhan Ploso. Pada tahun 2023 kelompok ini memperoleh Bantuan Keuangan Khusus Dana Keistimewaan DIY untuk dipergunakan menanam cabe sebesar tujuh puluh lima juta rupiah.

Bawang merah yang dipanen tahun ini merupakan hasil pengembangan atas keberhasilan dalam menanam dan memanen cabe tersebut. Penanaman bawang merah dimulai pada pertengahan bulan maret 2024. Sebanyak 125 kg benih bawang merah ditanam pada lahan seluas 1.519 meter persegi. Pada waktu itu harga benih mencapai tiga puluh ribu rupiah per kg. 

Setelah kurang lebih dua bulan, kelompok tani baru bisa melaksanakan panen. Sebanyak 1.200 kg bawang merah basah diperoleh dari hasil panen. Oleh kelompok tani hasil panen langsing dijual ke pedagang. Hasil keuntungan dari penjualan akan digunakan untuk pengembangan selanjutnya dan untuk kesejahteraan anggota kelompok.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung